Keterangan Bank Jateng Melemahkan Dakwaan

Posted: October 6, 2011 in Kabar
Tags:

*Pengalihan Rekening Tanpa Konfirmasi

SEMARANG- Keterangan dua saksi jalingkos yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni mantan pimpinan Bank Jateng Sudiyanto SH dan staf Admin Kredit Suharto SE pada sidang lanjutan jalingkos di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (5/10) ikut melemahkan dakwaan. Keterangan tersebut terkait dengan dakwaan pengalihan pinjaman daerah ke rekening pribadi Budi Haryono yang dituduhkan kepada terdakwa.

Dalam keterangannya di depan majlis hakim, Sudiyanto mengakui bahwa pinjaman tahun 2007 untuk kepentingan pembebasan lahan Proyek Jalingkos adalah resmi sebagai pinjaman daerah, bukan pinjaman pribadi Bupati Tegal H Agus Riyanto S Sos MM. Hal ini dibuktikan dengan adanya surat ajuan resmi berupa proposal, maupun Perjanjian Kredit (PK) yang ditandatangani oleh Bupati dan pimpinan Bank Jateng.
“Surat ajuan pinjaman daerah yang ditandatangani Bupati yang berbentuk proposal itu diajukan pada 29 Januari 2007. Setelah dipelajari, kami menyatakan bisa meng-Acc pinjaman tersebut pada 7 Februari. Sebagai tindak lanjut, disepakatilah Perjanjian Kredit pada 23 Februari. Sesuai ajuan, pinjaman daerah ini adalah dalam rangka kelancaran arus kas,” ungkap Sudiyanto di depan Majlis Hakim yang diketuai Noor Ediyono.

Dari ajuan Rp 5 miliar, lanjut Sudiyanto, Bank Jateng hanya merealisasikannya sebesar Rp 3,4 miliar yang dicairkan dalam tiga tahap. Pertama pada tanggal 23 Februari 2007 senilai Rp 500 juta. Kedua, Rp 1,4 miliar pada 15 Maret 2007. Terakhir adalah sebesar Rp 1,5 miliar pada 23 April 2007. “Semua nota pencairan ditandatangani oleh Bupati. Pencairan pertama dan kedua kami konfirmasikan ke Bupati. Sementara pencairan ketiga, saya lupa apakah mengkonfirmasi Bupati atau tidak,” terangnya.

Diakui Sudiyanto, tidak ada yang menyimpang dari aturan dalam Perjanjian Kredit maupun proses pencairan. Hanya saja, pihaknya pun mengakui bahwa Edy Prayitno selaku pihak yang berperan aktif dalam proses pencairan tak pernah menyertakan surat kuasa. Kedua, tidak ada dokumen tertulis yang menunjukkan perintah Bupati untuk mengalihkan pinjaman daerah ke rekening Budi Haryono. “Seingat saya, dalam hal pinjaman daerah ini, segala sesuatunya diserahkan pada Edy Prayitno selaku Pejabat Pemegang Komitmen. Karena itu, saya tak pernah mengkonfirmasikan pengalihan pinjaman daerah ini ke Bupati. Saya juga tidak tahu siapa bendahara jalingkos,” tambahnya.

Ketika ditanya Penasihat Hukum terdakwa, apakah Sudiyanto mempertanyakan penyimpanan pinjaman daerah ke bendahara jalingkos, dia mengaku tak mempertanyakannya. Dalam hal ini, adalah Suparto selaku Pembantu Pemegang Kas di Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal.

Sementara itu, keterangan Suharto pun kian memberikan titik terang soal dakwaan ini. Dia menyatakan tidak ada perintah tertulis dari Bupati perihal pengalihan pinjaman daerah ke rekening Budi Haryono. Setelahnya, Bank Jateng pun menurut Suharto tak memberikan konfirmasi kepada Bupati maupun Pemkab Tegal. “Saya tidak tahu, siapa yang memerintahkan pengalihan pinjaman daerah ke rekening Budi Haryono. Sebab tugas saya hanya di wilayah administrasi kredit,” tegasnya.
Selain itu, keterangan dua saksi dari Bank Jateng ini pun berhasil mementahkan dua dakwaan lain di sekitar aliran korupsi jalingkos, sebagaimana disampaikan Edy Prayitno. Pertama, status rekening atas nama Budi Haryono adalah tabungan, sehingga pencairannya tidak bisa dilakukan melalui cek, tetapi harus melalui slip penarikan. Kedua, menurut kesaksian Suharto, tidak pernah ada penarikan pinjaman daerah tertanggal 5 Mei 2007. “Soal rekening tabungan, ini mementahkan tuduhan soal aliran dana sebesar Rp 350 juta yang berasal dari pinjaman daerah untuk investasi properti Bupati di Purwokerto. Kedua, soal keterangan tidak ada penarikan tertanggal 5 Mei 2007 juga mementahkan dakwaan tentang aliran uang jalingkos untuk investasi Bupati di PT Kowaka,” kata Penasihat Hukum terdakwa, Agus Nurudin. (fat)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s